News Update :

7 Ledakan Terbesar dan Terdahsyat Di Alam Semesta

Jumat, 12 April 2013

Nebula | 7 Ledakan Terbesar dan Terdahsyat Di Alam Semesta - Ada banyak ledakan yang dihasilkan manusia dalam rangka berlomba-lomba, dalam menghasilkan senjata pemusnah masal yang efektif, Namun bagaimanapun bumi secara alami jauh lebih dahsyat dalam menghasilkan sebuah ledakan yang masif terjadi dan sekaligus merubah tatanan alam.
Dan nun jauh di seberang bumi (luar angkasa) dengan kekuatan jauh lebih spektakuler terjadi ledakan-ledakan yang berjuta-juta kali dengan segala ledakan yang pernah ada di bumi.
dan berikut secara singkat 7 Ledakan Terbesar dan Terdahsyat Yang Pernah Terjadi Di Alam Semesta dalam sejarah.

7. Cretaceous-Tertiary Extinction Event
Sekitar 65 juta tahun lalu sebuah peristiwa yang dikenal sebagai Cretaceous-Tertiary Event menyebabkan kepunahan banyak organisme, tetapi yang paling terkenal menyebabkankepunahan dinosaurus.
Banyak ilmuwan percaya bahwa ini disebabkan oleh dampak asteroid yang menciptakan kawah Chicxulub yang terletak di lepas pantai Semenanjung Yucatan. Diperkirakan bahwa kekuatan ledakan ini setara dengan 96 teratons TNT, atau sekitar 1,7 juta kali kekuatan Tsar Bombas.
Hal ini akan membuat dampak ledakan terbesar yang pernah terjadi di bumi dengan adanya bukti geologi yang cukup. Dampaknya menyebabkan perubahan iklim, seperti letusan Tambora tapi jauh lebih drastis, dan karena perubahan iklim ini diyakini membunuh dinosaurus.

6. GRB 080319B
Type: Ledakan Terbesar Di Angkasa Yang Pernah Disaksikan Mata Manuasia

Semburan Gamma-ray adalah salah satu peristiwa yang dikenal paling kejam di alam semesta. Penyebab pasti semburan Gamma-ray tidak sepenuhnya dipahami, meskipun sebagian besar astronom berpendapat bahwa mereka terkait dengan supernova yang sangat besar. semburan Gamma-ray biasanya berlangsung 20 sampai 40 detik dan menyinarkan sinar gamma pada arah yang relatif sempit. semburan Gamma-ray sangat jarang terjadi, dengan satu terjadi setiap beberapa ratus ribu tahun di setiap galaksi.
Pada tanggal 19 Maret 2008, ledakan sinar gamma yang disebut GRB 080319B terjadi dan terlihat dengan mata telanjang selama sekitar 30 detik. Ledakan itu terjadi 7,5 miliar tahun cahaya jauhnya, membuat obyek yang paling jauh dapat dilihat tanpa teleskop. Ledakan diperkirakan telah dihasilkan setara dengan 2a-1034 ton TNT, atau sekitar setara dengan 10.000 kali berat Matahari diledakkan sekaligus.

5. SN2006gy
Type: Largest known supernova


Pada tanggal 16 September 2006,ditemukan supernova yang dikenal terbesar, SN2006gy, . Supernova terjadi ketika bintang kehabisan bahan bakar, kolaps pada diri mereka sendiri, dan kemudian meledak. Benar-benar supernova terbesar, atau hypernova, adalah salah satuperistiwa paling kejam di alam semesta, dan diyakini menjadi sumber ledakan sinar gamma. SN2006gy terjadi 230 juta tahun cahaya jauhnya ketika sebuah bintang dengan massa sekitar 150 kali massa Matahari meledak dengan sendirinya.
Jumlah output energi hypernova ini diperkirakan menjadi sekitar setara dengan 2.5A-1035 ton TNT, yang kira-kira jumlah energi yang sama yang dikeluarkan oleh semua bintang di galaksi Virgo supercluster dalam satu menit. Suatu fakta yang menarik: Karena hypernova biasanya disebabkan oleh bintang-bintang yang sangat besar, biasanya ada cukup bahan yang tersisa dari bintang untuk terus hancur setelah ledakan. Ini materi yang tersisa kadang-kadang akan jatuh sampai volumenya mencapai nol. Ini berarti bahwa banyak hypernova membentuk lubang hitam.

5. GRB 080916C
Type: Largest true explosion ever

Alam semesta adalah tempat yang besar. Benda-benda astronomis besar sulit untuk dipahami, dan ledakan terbesar yang diketahui, GRB 080916C tidak jauh berbeda. GRB 080916C adalahledakan sinar gamma yang pertama kali direkam pada 16 September 2008. Ledakan terjadi sekitar 12,2 miliar tahun cahaya jauhnya dan berlangsung selama 23 menit, yang merupakan durasi yang sangat panjang untuk ledakan sinar gamma. Bagi mereka 23 menit, ledakan sinar gamma adalah memadamkan energi lebih dari superkluster galaksi. Diperkirakan bahwa ledakan itu setara dengan jumlah energi 2A-1038 ton TNT.Kekuatan ledakan itu sama dengan ledakan 1 triliun Tsar yang diledakkan setiap 1 detik selama 110 miliar tahun, atau sekitar 7.000 kali jumlah energi yang dikeluarkan Matahari sejak belum menyala sampai tak bersinar lagi.

4. Big Bang
Tipe: Largest “explosion” ever


Sangatlah tepat Bigbang menjadi nomor satu sebagai ledakan paling dsyat yang pernah diciptakan Tuhan. Namun, Big Bang secara teknis bukan ledakan. Sebuah ledakan terjadi ketika materi bergerak melalui ruang dari titik tekanan tinggi ke titik tekanan rendah , yang dasyat,dan sangat cepat. Namun, ruang Big Bang melibatkan diri berkembang cepat, tidak peduli memperluas melalui ruang. Bahkan, karena alam semesta masih berkembang, orang dapat berargumentasi bahwa Big Bang masih terjadi. Kesalahpahaman lain tentang Big Bang Theory adalah bahwa hal itu tidak menjelaskan bagaimana alam semesta dimulai ataubagaimana materi dan energi pertama muncul. Ini hanya menjelaskan bagaimana ruang cepat memperluas sekitar 5.4Ã-10-44 detik setelah alam semesta dimulai.
3. Comet Shoemaker-Levy 9.

Gambar illustrasi tumbukan antara meteor levy dan Jupiter
Komet Shoemaker-Levy 9 dengan Jupiter bertabrakan secara spektakuler pada tahun 1994. Planet raksasa merobek tarikan gravitasi komet menjadi fragmen-fragmen terpisah hingga menjadi 1,8 mil (3 km) lebarnya, dan dan comet tersebut bergerak menghantam pada kecepatan 37 mil (60 km) per detik. Tabrakan terbesar itu menciptakan sebuah bola api yang naik sekitar 1.800 mil (3.000 km) di atas cloudtops Jovian dan membuat kegelapan total di lebih dari 7.460 mil (12.000 km) ukuran Bumi - dan diperkirakan memiliki daya ledak dengan kekuatan 6.000 gigatons TNT.

2. Shadow-casting Supernova,


Supernova adalah gugusan bintang-bintang yang sering meledak, dan menimbulkan cahaya terang dari semua galaksi yang ada. Supernova paling terang yang tercatat dalam sejarah itu terlihat di konstelasi Lupus (istilah latin untuk serigala) pada musim semi 1006. Ledakan emas yang luar biasa yang sekarang dikenal sebagai SN 1006 berlangsung kira-kira 7.100 tahun cahaya, sangat terang hingga cukup untuk membava dan menulis pada malam hari bahkan tetap terlihat selama berbulan bulan pada waktu siang hari.

1. The Farthest Recorded Explosion,


Pancaran sinar gamma adalah paling kuat yang pernah diketahui di alam semesta. Sinar yang memancar dari area yang sangat jauh namun terlihat, adalah GRB 090423, menjangkau “dunia” kita dari kejauhan 13 Milyar tahun cahaya ! dari bumi. Ledakan tersebut, yang hanya terekam kurang dari 1 detik, melepaskan energy lebih dari 100 kali energy yang dilepaskan oleh matahari selama 10 M. Dan teori menyatakan dari ledakan Big Bang inilah tata surya dan alam semesta ini tercipta.

Itulah 10 list ledakan ledakan yang pernah tercatat, ada dua ledakan besar yang pada awalnya saya fikir masuk list ternyata tidak, yaitu Letusan krakatoa (gunung krakatau) dan bom atom Hiroshima. bisa dibayangkan kalau ledakan diatas sangat hebat dan dahsyat. jika mengacu pada korban jiwa, maka memang Hiroshima Nagasaki memakan korban jiwa lebih besar karena di jatuhkan tepat diatas pemukiman padat penduduk. Ledakan dahsyat juga pernah di uji coba kan dalam sebuah eksperimen seperti operasi Upshot-Knothole

Dilakukan di Nevada Proving Ground antara Maret 17 and Juni 4, 1953, mengetes bom jenis beru yang menggunakan teori fission dan fusion. Rumah dalam gambar terletak 3500 kaki dari pusat ledakan, kameranya sendiri dilindungi lapisan setebah 2 inchi, hanya butuh 2,6 detik saja dari awal bom tersebut meldak sampai ledakannya menghancurkan rumah tersebut.

Share this Article on :

0 komentar:

 
Plaxe 2010 -2011 | Design by Plaxe| Powered by Blogger.com.